Gandeng RMI Kabupaten Tegal, DKC Garda Bangsa adakan MKK

285 views
Gandeng RMI Kabupaten Tegal, DKC Garda Bangsa adakan MKK

Gandeng RMI Kabupaten Tegal, DKC Garda Bangsa adakan MKK

Slawi, NU Media Center
Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Garda Bangsa Kabupaten Tegal bekerjasama dengan Lembaga RMI NU Kabupaten Tegal akan mengadakan Musabaqoh Kitab Kuning (MKK), program ini di gagas oleh DKN Garda Bangsa untuk memperingati hari lahir ke 18 yang jatuh pada tanggal 12 Maret nanti. Acara MKK ini di selenggarakan di 20 provinsi, yang finalnya nanti akan dilaksanakan di Jakarta.

 
Ketua DKC Garda Bangsa Kabupaten Tegal, H. Nurrohman menyampaikan, tujuan mengadakan MKK ini yakni melestarikan dan mengkaji khasanah-khasanah pengetahuan klasik yang sarat akan nilai-nilai kebangsaan dan pengetahuan yang terkandung dalam kitab kuning.

 

Nurahman menambahkan, kitab kuning adalah kitab kajian  yang dipakai pondok-pondok pesantren. MKK dijadikan sarana membangkitkan gairah ilmu keagamaan Islam bagi generasi muda.

 

MKK digelar pada di 20 provinsi lingkungan pondok pesantren dimulai pendaftaran 1-16 Maret 2017 didahului penyisihan 19 Maret, Semifinal 23-25 Maret dan final 29 Maret untuk merebutkan hadiah total Rp 500 juta.

 

“Ponpes Al Fajar Babakan Lebaksiu dipilih menjadi tempat perlombaan.” tuturnya pada NU Media Center, Jum’at, (3/3).

 

Peserta nanti akan ditantang untuk unjuk kebolehan menerjemahkan dan mengkaji isi kitab Ikhya Ulumudin, Fathul Qorib, Alfiyah Ibnu Malik dan Imrithi.

 

Kyai Syamsul Arifin, selaku Ketua Lembaga RMI NU Kabupaten Tegal mendukung akan kerjasama ini, hal ini penting untuk terus dilestarikan karena sebagai syiar agama Islam sekaligus menjawab problematika Bangsa Indonesia.

 

“Kegiatan ini tak hanya akan mencetak Kyai baru, tapi juga mendukung Islam mengatasi Zaman bergolak,” kata beliau. (acm/ltn)

banner 468x60)

DKC Garda Bangsa RMI Kabupaten Tegal

Related Post