Kader IPNU-IPPNU Harus Budayakan Literasi

236 views
Pelatihan Jurnalistik PC IPNU-IPPNU Kabupaten Tegal

Pelatihan Jurnalistik PC IPNU-IPPNU Kabupaten Tegal

SLAWI – Upaya mewujudkan kader yang produktif dan membudayakan literasi terus dilakukan. Kali ini, Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Tegal mengadakan Pelatihan Jurnalistik di Hall Grand Dian Hotel, Selasa (26/2).

 

Dalam kesempatan itu, Ketua Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Kabupaten Tegal M. Fathurohman hadir memberikan materi jurnalistik. Selain memberikan materi, dia juga menyinggung bahwa peminat pemuda, khususnya para pelajar dari kalangan IPNU-IPPNU untuk menulis saat ini cenderung menurun.

 

”Selama ini saya melihat baru 1 atau 2 kader IPNU-IPPNU yang pernah menulis opini atau bentuk lain di media massa,” ucapnya.

 

Dia mengaku merasa miris saat ada kelompok lain sudah banyak menulis kebenaran yang mereka yakini, sementara sebagai generasi muda NU belum banyak yang mau menulis di Media Massa. ”Jangan hanya diam. Budayakan literasi. Ayo kader IPNU-IPPNU harus bisa bersaing atau melawan pernyataan-pernyataan lewat tulisan agar masyarakat, khususnya warga NU juga tidak keliru dalam membaca,” ungkapnya.

 

Dia mengaku merasa bangga saat IPNU-IPPNU mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik. Menurut dia, menulis itu sebetulnya mudah. Tinggal ada kemauan atau tidak. Sebab, menulis itu ketrampilan. ”Jangan sungkan untuk sering berlatih menulis dan terus belajar. Jika ingin menjadi pemimpin, menulislah seperti wartawan,” katanya.

 

Sementara itu, Koordinator Pers PC IPNU Islahul menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai bentuk ikhtiyar PC IPNU -IPPNU agar kader IPNU-IPPNU lebih serius menanggapi persoalan yang saat ini terjadi. ”IPNU-IPPNU harus memperdalam literasi agar tidak kalah eksistensinya dengan organisasi yang lain,” tuturnya.

 

Terlebih, kata dia, dalam rangka membendung berita atau tulisan yang tidak sesuai dengan faham ahlussunah waljamaah, IPNU IPPNU harus tampil di depan.  Karena itu dia berharap, peserta pelatihan yang terdiri dari perwakilan Pimpinan Anak Cabang (PAC) ini dapat mengikuti dengan seksama. ”Acara ini diikuti puluhan kader IPNU-IPPNU dari perwakilan masing-masing Pimpinan Anak Cabang (PAC) se Kabupaten Tegal,” ungkapnya. (amiril/red)

 

banner 468x60)

PC IPNU-IPPNU Kabupaten Tegal Pelatihan Jurnalistik

Related Post