PCNU Ajak Santri Mewarnai Dunia dengan Menulis “Santri Menulis”

715 views

PELATIHAN – Pemimpin Radar Tegal (berdiri) bersama Sekda Kabupaten Tegal, Ketua PCNU, Wail Ketua PCNU, dan Ketua RMI NU Kabupaten Tegal saat pembukaan pelatihan Jurnalistik “Santri Menulis“.

 

Kegiatan Road Show Jurnalistik yang Bertema ”Santri Menulis

Kegiatan Road Show Jurnalistik yang Bertema ”Santri Menulis

 

Ajak Santri Mewarnai Dunia dengan Menulis.

Menulis itu mudah. Sebab, semua orang pernah dilatih untuk menulis. Namun, jika menulis dengan kaidah jurnalistik, itu yang belum tentu semua orang bisa. Karena itu, santri dan pelajar yang setiap hari menulis, diharapkan dapat memahami ilmu-ilmu jurnalistik.

 

 

PAGI itu, Sabtu (12/11), lingkungan pondok pesantren (Ponpes) Al Amiriyah, Kambangan, Lebaksiu, tak seperti biasanya. Dimana ponpes tersebut dikujungi oleh beberapa santri dan pelajar dari ponpes dan sekolah lain di lingkungan Lebaksu. Meraka hadir untuk mengikuti pelatihan jurnalistik “Santri Menulis“.

 

Sekitar 65 peserta dari perwakilan ponpes dan sekolah di Kecamatan Lebaksiu itu tampak senang. Sebab, bagi santri pelatihan jurnalistik itu baru pertama kali diadakan.  Dari awal samai akhir, mereka tidak ada yang beranjak meninggalkan kegiatan yang diadakan Lembaga Ta’lif Wan Nasyr (LTN) NU bersama Rabithah Ma’ahid Al Islamiyah(RMI) NU tersebut.

 

Pengurus LTN NU Kabupaten Tegal Idirs Salis mengatakan, kegiatan road show jurnalistik ini merupakan pelatihan yang perdana. Rencananya kegiatan yang sama akan dilakukan di ponpes lain di kecamata Jatinegara. Kemudian berlanjut ke ponpes lain di kecamatan lainnya. ”Nanti semua santri di bawah naungan RMI se Kabupaten Tegal akan ada yang mengikuti pelatihan ini,” ungkapnya.

 

Dia berharap, pelatihan tersebut dapat menciptakan skill jurnalitik dikalangan santri dan pelajar. Selain itu, meningkatkan profesionalisme jurnalitik dan memayaratkan berpikir dengan logika dan sistematis. ”Materi itu tidak hanya jurnalistik, tapi para santri dan pelajar diberi motivasi oleh pengurus Lakpesdam NU sebelum mereka mengikuti pelatihan,” ujarnya.”Kegiatan ini muaranya adalah untuk mengimbangi portal – portal media online yang bersifat merusak dan provokatif yang sekarang marak beredar,” imbuhnya.

 

Sebelumnya, dalam pembukan hadir Sekda Kabupaten Tegal Haron Bagas Prakosa, Ketua PCNU Kabupaten Tegal H Akhmad Wasari, Wakil Ketua PCNU Akhmad Sururi, Ketua RMI NU KH Samsul Arifin dan pemaetri jurnalistik Pemimpin Redaksi Radar Tegal M. Fatkhurohman.

 

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan bahwa presiden sangat prihatin dengan adanya media sosial yang dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin menghujat. Artinya, etika ketimuran yang sangat kental di Indonesia ini sudah mulai ditinggal. Karena itu, dengan elatihan jurnalistik ini, diharapkan dapat menbuka jendela pikiran. ”Berpikir kritis dan dituangkan dalam bentuk tulisan itu akan lebih baik jika hanya berkoar-koar atau menhujat yang tidak jelas. Kami juga sangat berharap peatihan ini menjadi bekal bag santri di tengah masyarakat,” ungkapnya.

 

Sementara Ketua PCNU H Akhmad Wasari menyampaikan bahwa menulsi itu tidak mudah. Butuh sebuah pelatihan, terlebih menulis artikel, berita, atau tulisan-tulisan yang biasanya muncul di media massa. Pihaknya sangat berharap, santri dan pelajar dapat mewarnai dunia dengan menulis. Karena itu, dengan pelatihan ini, santri didorong untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki.

 

Dia juga meminta kepada penyelenggara untuk tidak berhenti dalam pelatihan. ”Adakan follow up (tindak lanjut). Misalnya mengadakan lomba menulis atau yang lainnya,” tegasnya.

 

Terpisah Rois suriyah PCNU Kabupaten Tegal KH Chambali Usman mengapresiasi dan turut mendoakan kegiatan tersebut. ”Semoga bermanfaat dan dalam berjalan secara baik serta menghasilkan penulis yang handal dan jujur,” doa Pengasuh Ponpes Al Abror Desa Yamansari, Lebaksiu. (LTN)

Save

Save

banner 468x60)

LT NU Kabupaten Tegal PCNU Kabupaten Tegal RMI Kabupaten Tegal Road Show Jurnalistik Santri Menulis

Related Post