Pelajar NU Kecamatan Pangkah Tinjau Lokasi Longsor

456 views
IPNU Kecamatan Pangkah tinjau lokasi longsor

IPNU Kecamatan Pangkah tinjau lokasi longsor Desa Dermasuci

Pangkah, Media Center NU. Sekitar pukul 09.00 WIB, para Pelajar NU Kecamatan Pangkah meninjau lokasi terjadinya longsor di Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Minggu (5/11).

 

Kondisi jalan menuju lokasi yang terjal, menanjak, dan licin akibat hujan tidak mematahkan semangat mereka untuk sampai ke lokasi.

 

Nampak jelas keadaan akibat longsor yang terjadi pada hari Sabtu (28/1), beberapa rumah warga retak dan rusak dengan intensitas sedang sampai tak layak huni.

 

Menurut data, jumlah Kepala Keluarga yang diungsikan mencapai 75 Kepala Keluarga. Dari 75 rumah yang hancur, 20 diantaranya rusak parah dan rencanya akan direlokasikan ke daerah yang lebih rendah, lebih tepatnya dekat dengan kediaman Kepala Desa setempat.

 

Menurut warga sekitar, longsor terjadi pada pukul 19.30 WIB, Sabtu pekan lalu. Angin kencang disertai hujan lebat membuat kawasan perbatasan Pangkah-Jatinegara ini longsor. Keadaan tanah yang miring dan kurangnya resapan air dari akar pohon juga menjadi salah satu faktor utama terjadinya tanah bergoyang.

 

Bantuan dari berbagai lembaga terutama dari pemerintah terus mengalir. Bantuan berupa makanan, selimut, obat-obatan dirasa tidak kurang, begitu pengakuan dari Istri Kepala Desa yang kami temui.

 

“Alhamdulillah, bantuan dari pemerintah yang tanggap bencana sudah cukup. Dari KEMENSOS, dari PMI, dari PUSKESMAS dan lain-lain juga Alhamdulillah cukup memadai. Tetapi meskipun begitu, kami tidak menolak jika memang ada sahabat-sahabat dari lembaga atau instasi lain mau menyalurkan bantuan dalam bentuk apapun kami terima, mengingat dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan kami masih mewaspadai jika ada longsor susulan.” tutur Bu Lurah.

 

 

Rekanita Yuni Arimae, ketua Ranting IPPNU Desa Dermasuci menambahkan “Bantuan tenaga lebih banyak di butuhkan disini, terutama di dapur umum.” tuturnya.

 

Disisi lain, Rekan Mohammad Nurrofik selaku Ketua PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pangkah yang memimpin peninjauan bencana, menyatakan kesedihannya atas bencana yang terjadi.

 

 

“Kami turut berduka atas bencana yang terjadi, semuga para korban bisa tabah menghadapi cobaan ini. Insya Allah kami sedang mengupayakan bantuan moril untuk meringankan beban mereka, dan lebih penting lagi kami ingin mengadakan pelatihan tanggap darurat bencana untuk warga Desa Dermasuci, khususnya para kader-kader IPNU-IPPNU agar mereka siap siaga apabila nantinya ada bencana susulan, mengingat daerah ini rawan akan longsor.” tuturnya.
Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, tetapi kerugian materiil diperkirakan mencapai puluhan juta.(Aprih/ltn)

banner 468x60)

Longsor Desa Dermasuci PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pangkah

Related Post