Siapkan Kader Jurnalis, PCNU Adakan Pelatihan

530 views

SLAWI – Jurnalistik sangat perlu dipelajari. Karena itu, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal melalui Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) NU bekerja sama Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Tegal mengadakan pelatihan jurnalistik, di Gedung PCNU Kabupaten Tegal, Sabtu (24/12).

Ketua Panitia Idris Salis mengatakan, pelatihan ini merupakan sarana menggembleng kader NU menjadi penulis handal yang mempunyai akhlak dan berjiwa NU. Selain itu, diharapkan peserta nantinya bisa mewarnai website NU dalam pemberitaan. ”Kami ingin menggugah kader-kader NU untuk mendalami dunia jurnalistik. Dengan jurnalistik kita bisa membesarkan NU melalui tulisan,” kata Idris di sela acara.

Dia menilai, pemberitaan sekarang yang banyak bermunculan, melalui online terutama, kurang mengedepankan faktor tabayun (klarifikasi, Red). Menurut dia, banyak media online yang menyebarkan isu-isu propaganda dengan menebar kebencian melalui media sosial (medsos). ”Tangkal kebencian dan memberikan informasi yang sebenarnya adalah menjadi tugas kita semua terutama kader-kader NU. Untuk  menjaga kehormatan kiai-kiai serta ulama NU serta ketentraman bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Dia menambahkan, peserta pelatihan kali ini diikuti dari perwakilan pengurus anak cabang (PAC) IPNU se Kabupaten Tegal dan perwakilan majlis wakil cabang (MWC) NU se Kabupaten Tegal. ”Semoga para peserta betul-betul mengaplikasikan hasil pelatihan,” ujarnya

Dia menambahkan, sebelumnya PCNU Kabupaten Tegal juga mengadakan kegiatan yang sama. Hanya saja target pesertanya berbeda. Yakni para santri se Kecamatan Lebaksiu. DImana kegiatan itu akan dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Sementara itu, narasumber dalam pelatihan jurnalistik, Wawan Setiawan yang juga Wakil Pimpinan Redaksi Radar Tegal menyampaikan, untuk bisa menulis, peserta harus sering atau rajin praktik menulis. Kalau hanya teori saja, kemungkinan bisa menulis berita akan kecil.

”Terkadang harus dipaksa terlebih dahulu kemudian akan muncul terpaksa dan terakhir baru peserta akan menjalani terbiasa dalam menulis berita,” ujarnya. (fa setiawan)

banner 468x60)

nahdlatul ulama Road Show Jurnalistik

Related Post