Supermoon di Indonesia tampak jelas dari Tegal

626 views
Supermoon di Indonesia tampak dari Tegal

Supermoon di Indonesia tampak dari Tegal

Tegal, NU Media Center

Supermoon adalah sebuah fenomena alam yang biasa terjadi saat fase purnama dimana bulan berada pada titik terfekat dari bumi biasa disebut Perigee. Oleh karena itu Bulan tampak lebih dekat dan terang dari biasanya.

 

Pada tanggal 14 November 2016, Indonesia menjadi tempat yang idel untuk menyaksikan fenomena alam yang jarang terjadi, terahir kali supermoon terjadi pada tahun 1948 atau 70 tahun silam. Bulan Purnama ini terlihat 14% lebih besar dan 30% lebih terang dibanding purnama dititik terjauh dari bumi atu disebut dengan Apogee.

 

Supermoon di Indonesia ideal dilihat pada titik puncak Perigee yang berlangsung pad pukul 19:27 WIB, lalu dilanjutkan dititik Purnama pada jam 20:52 WIB. Kabar bagusnya fenomena Supermoon ini dapat dinikmati dari seluruh penjuru Indoneia tidak terkecuali di Tegal.

 

Fenomena Supermoon ini sering dikait kaitkan dengan bencana alam yang akan terjadi, tentu itu sedikit kurang baik menanggapi fenomena yang diberikan Allah SWT. Kita sebagai umat Islam terutama warga Nahdliyin (NU) seharusnya bersyukur bisa melihat kekuasaanNya, dan senantiasa berdoa.

 

Bagi anda yang tidak sempat melihat Fenomena Supermoon ini, jangan kuatir karena pada tanggal 14 Desember Supermoon dikabarkan akan tampak lagi dilangit Indonesia meskipun tidak sebesar dan seterang Supermoon tanggal 14 November.

 

Save

banner 468x60)

Supermoon

Related Post