Waspada Islam Aliran Wahabi

810 views

JATINEGARA – Media Center NU

Kini umat Islam Aliran Wahabi sudah banyak masuk ke Tegal. Karena itu, warga Nahdlatul Ulama (NU) diharapkan untuk selalu waspada. Sebab, mereka mulai menyebarluaskan informasi yang bertentangan dengan yang dilakukan warga NU. Hal itu dikatakan Wakil Katib PCNU Kabupaten Tegal KH Nawawi Azhari pada saat Peringatan Haul KH Nuril Anwar dan Peringatan Tahun Baru Islam di Desa Cerih, Kecamatan Jatinegara, Minggu (16/10).

Menurut dia, sekarang ini banyak orang-orang yang sama-sama Islam, tapi mereka justru menyalahkan aktivitas yang biasa dilakukan umat Islam lainnya. Misalnya saja tradisi baik yang biasa dilakukan warga NU, antara lain tahlil, salawat, ziarah dan lainnya. Bagi umat beraliran Wahabi, tradisi baik itu dianggap bisa bidah. Padahal bagi NU tradisi itu merupakan tradisi baik yang perlu dilestarikan. “Kami mengajak kepada masyarakat umum untuk selalu belajar dan melestarikan tradisi baik itu,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, KH Nawawi menyampaikan tentang maksud kegiatan Haul. Dimana bagi yang bukan NU, Haul itu biasanya dianggap bidah. Padahal Haul itu juga tradisi baik, dimana isinya tentang mendoakan bagi orang-orang yang sudah wafat.

“Yakinlah bahwa doa kita kepada yang sudah mendahului kita ini akan sampai,” ucapnya sambil menyampaikan dalil dalil yang menunjukkan tentang wasilah atau doa bagi orang yang sudah meninggal.

Sebagai warga NU ala ahlusunnah waljamaah, lanjut dia, perlu kiranya untuk tidak terpengaruh dengan pengaruh-pengaruh umat yang melakukan provokasi, walaupun caranya halus. Yakinlah bahwa tradisi warga NU itu adalah tradisi baik.

“Jangan terpengaruh dengan orang orang yang biasanya bercelana cingkrang, berjenggot, dan menyalahkan tradisi atau amalan- amalan kita,” imbaunya.

Sementara itu, Haul yang bertempat di pedukuhan Jerumat Selatan itu cukup Hidmat. Para hadirin dan tamu undangan yang datang tampak serius mendengarkan ceramah agama tersebut. Sebelunya, wakil keluarga almarhum KH Nuril Anwar, ustad Khalimi menjelaskan bahwa haul tersebut sudah dilakukan baru 13 kali. (fthr)

Save

banner 468x60)

aliran islam Haul KH Nuril Anwar islam aliran wahabi PCNU Kabupaten Tegal Tahun Baru Islam wahabi indonesia

Related Post